Wednesday, August 5, 2015

TIPS MEMBELI ANJING DAN KUCING

Membeli anjing dan kucing? Apa saja yang harus diperhatikan?
Menambah anggota baru di rumah merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi anggota baru itu berkaki empat! Membeli ataupun adopsi anjing dan kucing dapat menambah kebahagiaan anggota keluarga. Tapi bukan hal yang mudah untuk merawat mereka. Karena mereka butuh perawatan berkala layaknya manusia. Apa saja yang harus diperhatikan?

1.     Sanitasi
Pastikan membeli di tempat yang bersih. Tempatnya tidak harus selalu mall atau breeder terkenal. Namun kebersihan kandang dan lingkungan sekitar membuktikan seberapa peduli penjual terhadap anjing atau kucing yang mereka jual. Artinya mereka sangat memperhatikan kualitas kesehatan hewan kesayangan tersebut. Kandang yang kotor, tidak dibersihkan atau bau mungkin saja meninggalkan kuman (baik virus, bakteri, atau parasit) untuk ditularkan ke hewan yang akan dijual. Tidak sedikit kasus anjing dan kucing yang baru dibeli dari tempat yang tidak memperhatikan sanitasinya kemudian tertular virus dan kemudian membahayakan nyawanya.

2.     Cek cek cek!
Sebelum membeli, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:
v Bulu bersih, mengkilat, tidak kotor dan tidak menggumpal, tidak ada luka di kulit, tidak berkerak.
v Mata cerah, tidak belekan, telinga bersih.
v Aktif dan responsif.
v Kaki tidak pincang, tidak diangkat, tidak diseret.
v Ukuran perut proporsional terhadap badan.
v Perhatikan kandangnya, apakah ada muntah? Diare?
v Tidak ada gerakan syaraf yang tidak terkontrol (misalnya: kepala geleng-geleng tidak berhenti, kedutan pada bagian tubuh tertentu)
v Tidak ada kutu atau parasit lain

3.     Sudah beli? Cek ke dokter hewan!
Ada baiknya setelah membeli, cek ke dokter hewan. Bila anda pertama kali memelihara hewan kesayangan, tanyakan kepada dokter anda apa saja yang harus diperhatikan. Bagaimana perawatan rutinnya? Apa makanan yang tepat? Berapa banyak pemberiannya? Jangan takut untuk bertanya dan mencatat agar tidak lupa.

4.     Pemberian obat cacing dan vaksinasi rutin
Setelah diperiksa, anjing dan kucing anda akan diberikan obat cacing. Obat cacing rutin diberikan 4-6 bulan sekali. Hal ini sangat penting agar terhindar dari cacingan. Manifestasi cacing dapat membahayakan kesehatan anjing dan kucing anda. Bahkan, kita dapat tertular oleh cacing dr anjing dan kucing yang kita pelihara.

Bila anda baru membeli hewan kesayangan, tanyakan jadwal vaksinasi pada dokter hewan. Hewan muda akan mendapat beberapa kali vaksinasi sebelum diulang tiap tahun. Namun, bila anda baru membeli hewan kesayangan anda, dokter tidak akan langsung memvaksin. Setidaknya diperlukan 1-2 minggu anjing dan kucing anda adaptasi di rumah dan melihat apakah ada peyakit yang dibawa dari tempat anda membeli anjing dan kucing anda. Bila sudah divaksinasi, hewan kesayangan anda tidak boleh dimandikan selama 1 minggu agar kekebalan tubuh terbentuk dengan baik.

5.     Perawatan anjing dan kucing anda di rumah
Bila tipe rambut hewan kesayangan panjang, anda perlu menyisihkan waktu setiap hari untuk menyisirnya. Mandikan tiap minggu dengan shampoo yang tepat. Bersihkan telinga dan potong kuku setiap habis mandi agar hewan kesayangan terbiasa dan tidak memberontak. Bersihkan kandang atau tempat main mereka secara berkala menggunakan deterjen dan desinfektan.

6.     Enjoy your time!
Nikmati setiap saat yang menyenangkan dengan hewan kesayangan anda. Ajak mereka jalan-jalan disekitar rumah agar mengenal lingkungan dan tidak kuper. Perkenalkan kepada tetangga sambil jalan-jalan. And, take selfie!

Semoga artikelnya bermanfaat

Drh. Anastasia Narani
Klinik Hewan Bogor MYMA PET HOUSE