Wednesday, August 12, 2015

Vaksinasi Anjing dan Kucing. Perlukah?


Vaksinasi pada hewan merupakan pemberian bibit penyakit yang telah dimatikan atau dilemahkan ke dalam tubuh hewan untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit. Vaksinasi merupakan suatu program penting untuk menjaga kesehatan tubuh hewan. Beberapa penyakit terutama yang disebabkan oleh virus  tidak ada obatnya, selain itu tingkat kematian dan kesakitan yang tinggi sangat merugikan.

Beberapa penyakit telah ditemukan pencegahannya berupa vaksinasi. Vaksinasi dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian pada hewan. Oleh karena itu, setiap anjing dan kucing sebaiknya diberikan vaksinasi sehingga terhindar dari serangan penyakit.

Kapan anjing dan kucing saya boleh di vaksin?

Bila anda baru membeli (atau adopsi), sebaiknya hewan kesayangan anda disiapkan kondisi fisiknya di rumah selama 10 -14 hari. Hal ini untuk melihat apakah ada masa inkubasi penyakit (kondisi dimana hewan sudah tertular penyakit, namun menunjukkan gejala klinis) pada hewan. Waktu tersebut juga digunakan untuk penyesuaian hewan kesayangan anda agar mulai terbiasa dengan lingkungan yang baru baginya.
Bila anda memeliharanya dari lahir, ada beberapa jadwal vaksin yang harus diikuti secara rutin sebelum akhirnya dapat diulang setahun sekali. Untuk anjing dan kucing dengan umur kurang dari dua bulan, maka umumnya vaksin tidak bisa membentuk perlindungan diri karena ada maternal antibody (antibodi yang diturunkan dari induknya dan baru akan menurun kadarnya pada anakan umur lebih dari dua bulan).


Jadwal vaksinasi anjing dan kucing


Siapa yang boleh memberikan vaksin anjing dan kucing?

Hanya dokter hewan yang boleh melakukan vaksinasi hewan kesayangan anda. Ada beberapa standar pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter hewan untuk memastikan hewan anda dalam kondisi layak untuk vaksin. Setiap hewan yang divaksin akan mendapatkan buku yang berisi informasi lengkap hewan kesayangan anda, tanggal vaksinasi, label vaksin, data kondisi hewan kesayangansaat divaksin (meliputi berat badan dan temperatur tubuh), serta tanda tangan dan nama jelas dokter hewan yang memvaksin anjing dan kucing anda. Tidak ada orang lain yang mempunyai kewenangan untuk memvaksin hewan kesayangan anda.


vaksinasi pada kucing
(sumber: beddingtonvet)

vaksinasi pada anjing
(sumber: beddingtonvet)


Syarat anjing dan kucing boleh di vaksinasi apa saja?

Anjing dan kucing boleh divaksinasi bila:
  • Sehat secara klinis
  • Tidak demam
  • Tidak batuk, pilek, bersin
  • Tidak muntah, diare
  • Nafsu makan baik
  • Umur sesuai dengan syarat minimal vaksin
  • Sudah melalui masa penyesuaian diri selama kurang lebih 10-14 hari
  • Tidak ada masalah kulit
  • Tidak ada infeksi
  • Tidak cacingan


Hewan sakit, boleh di vaksin?

Hewan yang sakit tidak diperbolehkan menerima vaksin. Hal ini merujuk pada pengertian vaksin yaitu memasukkan bibit penyakit yang dilemahkan atau dimatikan untuk merangsang terbentuknya daya tahan tubuh sehingga bisa melawan penyakit (spesifik sesuai jenis kumannya). Sehingga, hewan sehat adalah syarat mutlak bila hewan anda ingin divaksinasi. Vaksinasi pada hewan sakit dapat kondisi tubuh semakin drop.
Bila anda mempunyai beberapa hewan kesayangan (belum divaksin) kemudian ada salah satu atau lebih hewan anda sakit dengan indikasi virus, maka hewan kesayangan anda yang lain (yang sehat) tidak diperbolehkan langsung divaksin. Hal ini untuk menghindari hewan divaksinasi dalam masa inkubasi.
Beberapa pemilik hewan melewatkan dan menyepelekan pentingnya vaksinasi sehingga mereka baru menyadari ketika hewan kesayangannya terkena virus hingga kehilangan nyawanya.


Setelah vaksinasi, apa yang harus diperhatikan?

Setelah divaksinasi, maka anjing dan kucing anda tidak diperbolehkan untuk mandi selama satu minggu. Hal ini dalam rangka pembentukan antibodinya. Mandi bagi hewan merupakan kegiatan yang dapat memicu stress. Dikhawatirkan mandi setelah vaksin dapa menurunkan daya tahan tubuhnya.
Pemberian vitamin selama 10 hari pasca vaksinasi dapat membantu pembentukan kekebalan tubuh secara optimal. Berikan multivitamin agar vaksinasi memberikan hasil perlindungan yang baik bagi hewan kesayangan anda.


Kapan vaksinasi diulang?

Untuk menjaga kadar imun dalam tubuh, maka hewan kesayangan anda sebaiknya di booster (diulang vaksinasinya) setahun sekali. Agar tidak lupa, catat jadwal vaksinasi pada smartphone anda, sehingga tidak akan terlewat.


Semoga informasinya bermanfaat
Drh. Anastasia Narani
Klinik Hewan Bogor MYMA PET HOUSE